ARDI KUSNADI

Minggu, 15 Maret 2020

Yang benar S.Pd., Gr. atau Gr., S.Pd.?

Salah satu kebanggaan bagi peserta SM-3T yang telah menyelesaikan Pendidikan Profesi Guru (PPG) akan mendapatkan sebuah gelar baru "Gr."


Hal ini sesuai dengan keterangan yang tertera dalam sertifikat pendidik yang diperoleh. ".....dinyatakan sebagai GURU PROFESIONAL Bidang Studi ........., dan kepadanya diberikan sebutan Guru (Gr) beserta hak dan wewenang yang melekat pada sebutan tersebut.

Dan diperkuat pula dengan terbitnya Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 87 Tahun 2013 tentang Program Pendidikan Profesi Guru Prajabatan (PPG) pada pasal 14 yang berbunyi:

Pasal 14
Sebutan profesional lulusan program PPG adalah guru yang penggunaan dalam bentuk singkatan Gr ditempatkan dibelakang nama yang berhak atas sebutan profesional yang bersangkutan.

Menanggapi gelar tersebut, banyak lulusan dari PPG SM-3T langsung menggunakan title.Gr tersebut untuk ditempelkan di belakang nama mereka.

Tapi muncul sebuah permasalah dan tanda tanya baru?  Dibelakang nama yang dimaksud apakah Persis di belakang nama atau dibelakang gelar yang sudah dimiliki.

Contoh, Apakah Ardi Kusnadi, Gr., S.Pd.  atau  Ardi Kusnadi, S.Pd., Gr. ???
Sekarang mari kita analisis penulisan gelar tersebut!
Bagi yang menggunakan penulisan Ardi Kusnadi, Gr., S.Pd.

Referensi:
  1. Mereka mempunyai telaah bahwa bentuk singkatan Gr ditempatkan dibelakang nama artinya penulisannya memang tertera secara langsung dibelakang nama.
  2. Guru Profesional Diganjar Gelar Gr [JPNN]
  • Nama dan gelar sebelumnya: Ardi Kusnadi
  • Gelar tambahan: Gr
  • Nama + Gelar sekarang = Ardi Kusnadi, Gr. S.Pd

Bagi yang menggunakan penulisan Ardi Kusnadi, S.Pd.,Gr.

Referensi:
  1. Pendidikan Profesi Guru merupakan pendidikan profesi juga akan menambah gelar Gr di belakang nama guru tersebut. karena menurut undang-undang, guru adalah profesi, sama seperti dokter. [Wikipedia]
  2. Sebutan profesional lulusan program PPG adalah guru yang penggunaan dalam bentuk singkatan Gr ditempatkan dibelakang nama [Pasal 14 Permendikbud Nomor 87 Tahun 2013].
  3. Penulisan Gelar Profesi [Wikipedia]
  4. Lulusan SM3T Dapat Gelar Profesional [ROL]
  5. Penulisan Gelar dan penyebutan profesi sesuai aturan yg berlaku (Kemendiknas) [NOMOR 036/U/1993 TENTANG GELAR DAN SEBUTAN LULUSAN PERGURUAN TINGGI]
  6. Penulisan Gelar Akademik [*]
Berdasarkan telaah dari beberapa referensi diatas, Penulisan Gelar Profesi Guru atau Gr. Disamakan dengan dengan tata cara penulisan gelar profesi dibelakang nama, seperti:
  • Fahrurozi, S.Si., Apt
  • Annisaa Miranty Nurendra, S.Psi., Psi.
  • Harso Adjie Broto, S.E., Ak.
  • Ishak Majid, S.Ft.,Physio.
  • Wahyudi Septianto, S.Kom., B.K.P
  • Dian Adriansyah, S.Pd.,Kons

Jadi sekarang Anda pilih yang mana?

Gr, S.Pd atau S.Pd.,Gr ???

Artikel ini pernah tayang di : pak pandani web

1 komentar:

TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGANNYA

SAMISANOV Menjelajah Negeri