1. Media foto
Kelebihan
• Sifatnya konkret, menunjukkan pokok masalah dibanding media verbal.
• Dapat mengatasi batasan ruang dan waktu.
• Mengatasi keterbatasan pengamatan
• Dapat memperjelas suatu masalah
• Murah harganya dan gampang didapat serta digunakan.
Kelemahan:
• Hanya menekankan persepsi indera mata
• Gambar /foto yang terlalu kompleks kurang efektif untuk kegiatan pembelajaran
• Ukurannya sangat terbatas untuk kelompok besar.
Syarat pembuatan media foto yang baik:
• Autentik
• Sederhana
• Ukuran relatif (menyesuaikan ruang)
• Mengandung gerak atau perbuatan
• Gambar hendaklah bagus dari sudut seni
2. Sketsa
Sketsa adalah gambar yang sederhana, draft kasar yang melukiskan bagian-bagian pokoknya tanpa detail. Sketsa, selain dapat memperjelas penyampaian pesan, menghindari verbalisme, menarik perhatian siswa, harganyapun tak perlu dipersoalkan sebab media ini dibuat langsung oleh guru. Sketsa, yang dibuat secara cepat sementara guru menerangkan dapat pula dipakai untuk tujuan tersebut.
3. Diagram
Sebagai suatu gambar sederhana yang menggunakan garis-garis dan simbol, diagram, atau skema menggambarkan struktur dari obyeknya secara garis besar, menunjukkan hubungan yang ada antar komponennya atau sifat-sifat proses yang terjadi.
Ciri-ciri diagram yang perlu diketahui:
• bersifat simbolis dan abstrak sehingga kadang sulit dimengerti
• untuk dapat membaca diagram seorang harus punya latar belakang tentang apa yang didiagramkan
• walaupun sulit dimengerti, karena sifatnya yang padat, diagram dapat memperjelas arti
Diagram yang baik sebagai media pendidikan:
• Benar, digambar rapi, diberi titel, label dan penjelasan-penjelasan yang perlu.
• Cukup besar dan ditempatkan secara strategis
• Penyusunanya disesuaikan dengan pola membaca yang umum, dari kiri ke kanan, dan dari atas ke bawah.
4. Bagan/chart
Seperti halnya media grafis yang lain, fungsinya yang pokok adalah menyajikan ide-ide atau konsep yang sulit disampaikan secara tertulis atau secara lisan.
Syarat bagan yang baik, adalah:
• Dapat dimengerti anak
• Sederhana dan lugas, tidak rumit dan berbelit-belit
• Diganti pada waktu-waktu tertentu agar tetap termasa juga tidak kehilangan daya tarik.
Contoh: bagan organisasi, bagan alur siklus air
5. Grafik
Sebagai suatu media visual, grafik adalah gambar sederhana yang menggunakan titik-titik, garis atau gambar. Grafik disusun berdasarkan prinsip-prinsip matematik dan menggunakan data-data komparatif.
Kelebihan grafik sebagai media adalah:
• Bermanfaat untuk mempelajari dan mengingat data-data kuantitatif dan hubungan-hubungannya.
• Memungkinkan secara cepat kita mengadakan analisis, interpretasi, dan perbandingan antara data-data yang disajikan baik dalam hal ukuran, pertumbuhan dan arah.
• Penyajian data grafik: jelas, cepat, menarik, ringkas, dan logis.
Media grafis dikatakan baik, jika memenuhi ketentuan sebagai berikut:
• Jelas untuk dilihat seluruh kelas
• Hanya menyajikan satu ide setiap grafik
• Ada jarak/ruang kosong antara kolom-kolom bagiannya
• Warna yang digunakan kontras dan harmonis
• Berjudul dan ringkas
• Sederhana
• Mudah dibaca
• Praktis, mudah diatur
• Menggambarkan kenyataan/realisme
• Menarik
• Jelas dan tak memerlukan informasi tambahan
• Teliti
6. APE
Alat permainan edukatif (APE) adalah alat yang digunakan oleh anak untuk bermain sambil belajar artinya alat dan bermain itu sendiri merupakan sarana belajar yang menyenangkan. Anak tidak akan bosan-bosan bermain, di samping itu dengan bermain akan membawa anak kepada pengalaman yang positif dalam segala aspek, seperti aspek pengembangan keimanan dan ketakwaan, daya pikir, daya cipta, kemampuan olah tubuh (jasmani)”.
0 komentar:
Posting Komentar