ARDI KUSNADI

Kamis, 22 April 2021

Soal dan Kunci Jawaban Tes Sumatif Modul 2 Pedagogik PPG - Peran Guru dalam Pembelajaran Abad 21

Soal dan Kunci Jawaban Pedagogik PPG Tes Sumatif Modul 2 PPG Terbaru

1. Pak Hasan mendapati tiga orang peserta didik mengantuk di kelas. Berdasarkan informasi dari orangtua dan juga teman-temannya mereka sering bermain game terlalu lama, dan merasa jenuh dengan pembelajaran di kelas. Tindakan pertama yang paling tepat bagi Pak Hasan adalah….
a. Menasehati ketiga anak tersebut agar tidak lagi bermain game di larut malam
b. Melarang anak bermain game bekerjasama dengan orangtua untuk pengawasannya
c. Merefleksikan diri tentang cara mengajar dan berusaha merasakan yang dialami peserta didik 
d. Merancang pembelajaran dengan game dan melarang bermain game di rumah
e. Menyediakan game di sekolah di bawah pengawasan guru dan kepala sekolah



2. Hari itu jam pertama hari sedang hujan. Bu Wenny Hapsari memanfaat teknologi informasi di dalam proses pembelajaran di kelas IV. Capaian pembelajarannya agar peserta didik memiliki kesadaran arti penting kerjasama di dalam kehidupan. Di dalam kelas tersedia LCD dan laptop. Kegiatan pembelajaran yang paling sesuai adalah…
a. Peserta didik menyaksikan video berisi kegiatan gotong royong kemudian membuat kesimpulan
b. Peserta didik mendiskusikan secara kelompok tayangan video dan diminta membuat kesimpulan 
c. Peserta didik diminta membuat video sederhana secara kelompok dan mempresentasikan
d. Peserta didik diminta mengamati kegiatan gotong royong di luar kelas dan terlibat membantu
e. Peserta didik membaca cerita bergambar tentang kegiatan gorong royong

3. Seorang guru terlihat diikuti oleh banyak peserta didik dimanapun berada. Peserta didik tersebut penasaran dengan trik-trik baru dari guru. Guru menggunakan handphone-nya untuk melacak benda dari logam yang terjauh. Guru tersebut selain memesona juga memiliki ciri guru abad 21 sebagai berikut….
a. Pandai berempati
b. Humoris
c. Canggih 
d. Membuat analogi
e. Membuat metafora

4. Peserta didik kesulitan memahami hubungan antara peredaran darah yang lancer dengan kesehatan tubuh. Bu Ani mengatakan;’ anak-anak pernahkan kalian melihat sungai yang kotor karena sampah dan tersumbat? Apakah dapat mengairi sawah-sawah agar tanaman menjadi sehat?” pernyataan Bu Ani memperlihatkan salah satu kompetensi guru abad 21 yaitu kemampuan dalam hal….
a. Membuat padanan kata
b. Membuat analogi 
c. Menghadirkan contoh
d. Membuat metafora
e. Melakukan eksplorasi

5. Alasan utama mengapa pembelajaran abad 21 sebaiknya lebih berorientasi kepada pengembangan keterampilan belajar daripada mengajarkan pengetahuan adalah….
a. Perkembangan teknologi memungkinkan seluruh pengetahuan dipelajari
b. Keterampilan abad 21 lebih penting tidak memerlukan pengetahuan
c. Abad 21 adalah era disrupsi dimana peran guru akan segera hilang
d. Pengetahuan faktual sudah usang dan tidak relevan dengan era abad 21
e. Tuntutan SDM masa depan yang memiliki kemampuan belajar mandiri 

6. Berikut ini merupakan arti penting pengembangan kurikulum dengan menghadirkan keterampilan berpikir tingkat tinggi dan literasi kebudayaan bagi guru di era abad 21 adalah…
a. Bangsa Indonesia memerlukan pengembangan kebudayaan dan pengetahuan tentang sejarah kebudayaan Indonesia
b. Bangsa Indonesia memerlukan SDM yang kreatif memecahkan persoalan dan mampu berkomunikasi dengan orang dari latar belakang budaya berbeda 
c. Bangsa Indonesia memerlukan berkembangnya seni budaya dan kreatifitas menciptakan karya-karya seni berbasis kunikan local
d. Bangsa Indonesia memerlukan SDM dengan kemampuan berpikir canggih dan dapat memodernkan seni dan budaya asli
e. Bangsa Indonesia memerlukan manusia yang mampu teknologi canggih untuk yang dapat menggantikan peran guru

7. Berikut merupakan pergeseran dan atau penyesuaian peran guru dalam memfasilitasi pembelajaran abad 21 adalah, kecuali….
a. Merubah paradigma dari professional teaching menjadi professional learning
b. Menerapkan berpusat aktifitas peserta didik namun guru tetap aktif
c. Mengutamakan penilaian hasil belajar atau assessment for learning 
d. Mengembangkan kemampuan belajar mandiri diri secara berkelanjutan
e. Memiliki kebiasaan melakukan refleksi atau reflective practitioner

8. Berikut upaya pengembangan profesionalisme berkelanjutan yang termasuk kegiatan pengembangan diri, publikasi ilmiah dan karya inovatif secara berurutan adalah……
a. Mengikuti pelatihan pembuatan media, menciptakan model pembelajaran yang dimuat di media massa, dan membuat karya seni
b. Menulis jurnal, mempublikasikan hasil PTK di jurnal terakreditasi, dan menghasilkan model pembelajaran
c. Mengikuti diklat kepala sekolah, mempublikasikan artikel di jurnal internasional, dan mengikuti diklat pembuatan media inovatif
d. Mengikuti diklat teknis, publikasi karya ilmiah di majalah terakreditasi, dan menciptakan alat pendeteksi kadar oksigen 
e. Mempublikasikan kegiatan diklat di koran, menulis artikel di jurnal internasional, dan menciptakan karya seni bela diri

9. Belajar mandiri berkelanjutan memiliki dimensi psikologis, pedagogis, dan dimensi sosial. Berikut ini secara berturut-turut berikut merupakan indicator adanya ketiga dimensi tersebut dalam belajar mandiri adalah….
a. Belajar individual dan menyendiri, aktif mencari sumber belajar, dan mengontrol laju belajar sendiri
b. Memiliki kebebasan belajar, menghadiri forum ilmih, dan tergantung kepada fasilitator
c. Mengisolasi diri secara fisik, melanjutkan sekolah, dan menentukan tujuan belajar sendiri
d. Memiliki kebebasan dalam belajar, aktif mengikuti diskusi ilmiah, dan menilai kemajuan belajarnya sendiri 
e. Belajar mendasarkan tujuan yang ditetapkan, mengikuti kegiatan pembelajaran, dan meminta umpan balik dari fasilitator

10. Berikut ini termasuk katagori keterampilan khusus yang memerlukan pengambilan keputusan yang diperlukan dalam belajar mandiri adalah…
a. Kemampuan merumuskan tujuan pembelajaran
b. Keterampilan menetapkan tujuan belajar 
c. Keterampilan memproses dan mengolah informasi
d. Keterampilan menterjemahkan dan memahami bahan tertulis
e. Kemampuan menterjemahkan informasi visual


 SOAL DAN JAWABAN TES SUMATIF MODUL 2 PPG DALJAB


1. Mengikutsertakan orang tua peserta didik dan masyarakat dalam program pembelajaran termasuk dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik termasuk indikator kompetensi sosial yang harus dimiliki oleh guru. Kemampuan tersebut termasuk dalam subkompetensi

Berkomunikasi secara efektif, empatik dan santun

2. Pada abad 21 dikenal era disrupsi dimana terjadi perubahan pola belajar akibat hadirnya Massive Open Online Course (MOOC). Sikap anda sebagai guru profesional yang paling tepat adalah...

Meninggalkan pola belajar konvensional

3. Pengelolaan pembelajaran yang penting diperhatikan oleh guru untuk mengembangkan pembelajaran abad 21 yaitu...

Mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran

4. Salah satu sikap guru profesional adalah bersikap reflektif dapat tercermin dari tindakan berikut...

Merefleksikan setiap tindakan dan keputusan yang sudah diambil sebagai bahan evaluasi diri

5. Bersikap reflektif bagi seorang guru adalah penting berarti...

Guru harus mengkritisi praktek yang telah dilakukan dan melakukan perbaikan

6. Guru sebagai agen perubahan dapat memperluas pengaruhnya dalam konteks mendorong perubahan masyarakat di era teknologi informasi abad 21. Tindakan yang paling sesuai dilakukan dalam konteks tersebut adalah...

Mempublikasikan gagasan dan pemikirannya di media sosial dan jurnal

7.Guru yang memiliki kompetensi kepribadian ditunjukkan dengan kemampuan berikut

Bersikap sesuai dengan norma agama yang dianut, hukum dan norma sosial yang berlaku dalam masyarakat serta kebudayaan nasional Indonesia yang beragam

8. Seorang guru yang mampu beradaptasi di tempat bertugas di seluruh wilayah Republik Indonesia yang memiliki keragaman sosial budaya merupakan bentuk kompetensi...Sosial

9. Setiap selesai melakukan proses pembelajaran, Pak Puji selalu melakukan kegiatan reflektif. Tindakan reflektif merupakan indikator kompetensi...Profesional

10. Guru abad 21 juga harus memahami isu-isu lokal dan global dan tanggap terhadap perubahan budaya digital yang berkembang dan menunjukkan tindakan dengan menjunjung tinggi etika dalam praktik profesionalnya. Hal ini penting dimiliki oleh guru agar...

Menjadi bahan kajian dalam pembelajaran

11. Manakah pandangan yang paling tepat yang dimiliki guru abad 21 mengenai konsep media berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK)...

Penggunaan media berbasis TIK harus terintegarasi dalam sistem pembelajaran

12. Berikut ini indikator seorang guru telah memiliki kemampuan pedagogik yang sesuai

Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif

13. Berikut ini termask ciri seorang guru memiliki kompetensi pedagogi...

Memahami prinsip-prinsip perencanaan pembelajaran yang mendidik

14. Usaha guru abad 21 yang mampu menciptakan life long education bagi peserta didik tercermin dalam upaya...

Mengenalkan konsep belajar mandiri

15. Keterampilan belajar abad 21 yang minimal harus dimiliki oleh siswa yaitu berfikir kritis, kolaboratif, komunikatif dan...Kreatif

16. Menunjukkan sikap empati kepada peserta, peduli terhadap kebutuhan peserta, peduli terhadap kondisi lingkungan, bersikap terbuka terhadap perbedaan kondisi peserta, merupakan ciri guru yang memiliki kompetensi...Sosial

17. Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) pada dasarnya meliputi kegiatan

Pengembangan diri, publikasi ilmiah dan karya inovatif

18. Bagaimana sebaiknya sikap dan pandangan anda selaku guru menghadapi peran baru abad Ke 21...

Peran baru lebih ringan karena peserta didik bisa mendapatkan informasi lebih mudah

19. Menciptakan pembelajaran demokratis, menunjukkan gestur (sikap tubuh) yang bersahabat, mengakui kesalahan dengan lapang dada, berpenampilan rapi, bersih dan sopan serta bersemangat merupakan ciri dari kompetensi...Kepribadian

20. Seorang guru yang melakukan penelitian tindakan kelas (PTK) merupakan bentuk indikasi kompetensi profesional untuk...

Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif

21. Paradigma guru sebagai professional learning dalam konteks guru dalam jabatan dapat dimaknai...

Guru adalah seorang professional yang terus mau belajar dan mengembangkan diri

22. Generasi milenium memiliki literasi digital dan kesempatan akses informasi cenderung lebih baik. Sikap anda sebagai guru sebaiknya...

Mengambil peran baru untuk membantu peserta didik berpikir kritis dan selektif

23. Dalam sebuah pembelajaran bapak Deni mengembangkan dan memilih materi pelajaran secara kreatif serta menyesuaikan dengan tingkat perkembangan peserta didik. Kemampuan ini termasuk dalam kompetensi...Profesional

24. Seorang guru yang memiliki kemampuan memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik agar dapat mengaktualisasikan potensi yang dimiliki, merupakan indikator kompetensi... Pedagogik

25. Seorang guru mengikuti program pelatihan pengembangan perangkat pembelajaran inovatif yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi. Kegiatan tersebut merupakan bentuk peningkatan kompetensi...Pedagogik

26. Manakah pernyataan berikut yang menurut pandangan Anda paling tepat...

Pengetahuan cara mengintegrasikan teknologi pedagogi dan materi lebih penting dari kecanggihan teknologi itu sendiri

27. Strategi metakognitf dalam pemanfaatan dan pengintegrasian teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran bermanfaat dalam hal...

Mengembangkan cara-cara baru  pengintegrasian yang lebih efektif

28. Sikap guru profesional dalam menghadapi tantangan abad 21 adalah pengembangan kemampuan belajar berkelanjutan yang tercermin dari sikap...

Kemauan terus mengupdate kemampuan belajarnya

29. Berkomunikasi dengan komunitas profesi, teman sejawat dan komunitas ilmiah termasuk merupakan kompetensi...Sosial

30. Seorang guru yang menampilkan diri sebagai pribadi yang mantap dan stabil, dewasa, ahli serta berwibawa merupakan salah satu indikator kompetensi...Kepribadian

3 komentar:

TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGANNYA

SAMISANOV Menjelajah Negeri