Kamis, 22 April 2021

Soal dan Kunci Jawaban Tes Sumatif Modul 3 Pedagogik PPG - Pembelajaran Inovatif

Berikut adalah Soal dan Kunci Jawaban Tes Sumatif Modul 3 Pembelajaran Inovatif PPG 2020 Terbaru

1. Salah satu tujuan pengintegrasian pembelajaran dengan pendekatan STEAM, diharapkan agar peserta didik dapat....
a. melaksanakan teknik STEAM secara terpisah-pisah
b. melakukan perbandingan antar budaya superior
c. memiliki kompetensi menjadi sales penjualan
d. memiliki kesiapan terjun dalam dunia kerja mendatang  



2. Berikut ini merupakan contoh prinsip pembelajaran STEAM yang berupa prinsip pengulangan, yaitu ....
a. peserta didik diberikan latihan soal STEAM 
b. peserta didik diminta berpikir secara induktif
c. peserta didik disadarkan untuk termotivasi
d. peserta didik diperlihatkan contoh dan non contoh

3. Berikut merupakan fase yang harusnya terjadi setelah fase membimbing penyelidikan individu dan kelompok dalam problem based learning STEAM....
a. orientasi peserta didik terhadap masalah
b. mengembangkan dan menyajikan hasil karya 
c. mengorganisasikan peserta didik
d. memberikan motivasi kepada peserta didik

4. Pembelajaran berbasis projek pada pendekatan STEAM memungkinkan peserta didik untuk ....
a. menyelesaikan masalah yang mudah-mudah saja
b. melakukan kunjungan wisata secara bebas
c. meneliti keberhasilan rancangan produk 
d. melakukan kerja individual untuk memecahkan masalah

5. Suatu kegiatan pembelajaran menggunakan waktu tanpa istirahat 3 x 45 menit, sehingga guru berfikir perlunya kegiatan relaksasasi ditengah pembelajaran berlangsung. Kegiatan relaksasi berikut mana yang paling cocok untuk mengoptimalkan kembali kerja otak ....
a. Bernyanyi bersama dengan keras.
b. Berlari mengelilingi halaman sekolah.
c. Bersantai sambil makan-makan.
d. Gerak pelenturan anggota tubuh.  

6. Ketika suatu kegiatan pembelajaran berlangsung lama di dalam kelas, kegiatan relaksasi lebih baik lakukan minimal setiap pembelajaran telah berlangsung selama ....
a. 80 menit
b. 90 menit
c. 100 menit 
d. 110 menit

7. Di bawah ini yang merupakan alasan utama, bahwa pembelajaran sebaiknya menggunakan bentuk aktivitas yang bervariasi, adalah ....
a. Belahan otak kanan dan kiri kita mengalami siklus efisiensi secara bergantian. 
b. Peserta didik akan cepat mengantuk ketika pembelajaran monoton dan membosankan.
c. Otak peserta didik akan mengalami ketegangan, jika kegiatan pembelajaran sangat monoton.
d. Pembelajaran yang monoton memperlihatkan rendahnya kreativitas guru mengelola kelas.

8. Menurut prinsip pembelajaran berbasis neurosains, pembelajaran akan lebih optimal apabila mampu mengembangkan belahan otak kanan dan kiri secara seimbang. Diantara implikasi prinsip tersebut terhadap profil guru saat mengajar di kelas adalah ....
a. Guru harus berpenampilan sopan, santun, rapi, menarik, murah senyum, dan tidak gampang marah b. Guru harus inspiratif, berfikir sistematis, pandai membuat joke yang edukatif dan memotivasi. 
c. Guru harus canggih, kritis, interaktif, dan selalu rasional dalam menjelaskan materi pelajaran.
d. Guru harus mampu melakukan stand up comedy dan mampu membuat semua peserta didik ketawa.

9. Berdasarkan uraian berikut, manakah yang merupakan implementasi dari model kelas lab rotation adalah ...
a. Terdapat beberapa tempat atau perhentian (station) dimana peserta didik dapat menempatinya secara bergiliran sesuai dengan kesepakatan atau arahan dari guru.
b. Peserta didik akan diatur untuk berpindah dari satu ruangan ke ruangan lain. Salah satu ruangan digunakan untuk sesi pembelajaran secara online sedangkan ruangan yang lain digunakan untuk kegiatan yang lainnya. 
c. Peserta didik memulai kelas, mereka akan mendapatkan pengajaran secara langsung secara online. Sehingga ketika kelas dimulai, peserta didik dapat mulai mengerjakan dan menyelesaikan tugasnya melalui kegiatan diskusi dikelas.
d. Pembelajaran online dirancang untuk dapat diakses baik di lingkungan sekolah (cyber lounge) maupun di tempat lainnya. Guru yang memfasilitasi pembelajaran online adalah guru yang juga mengajar pada sesi pembelajaran tatap muka.

10. Bagaimana peran teknologi dalam aktifitas pembelajaran yang menggunakan model blended learning?
a. Sebagai alat untuk memotivasi dan menarik perhatian peserta didik saat pembelajaran berlangsung b. Sebagai sarana penyeimbang interaksi antara pembelajaran online dengan pembelajaran tatap muka. 
c. Sebagai media yang dapat membantu guru dalam menyampaikan pesan saat pembelajaran di kelas.
d. Sebagai sarana komunikasi antara guru, peserta didik, dan orangtua dalam proses pembelajaran.

11. Keuntungan apa yang ditawarkan oleh model blended learning melalui penggabungan pembelajaran tatap muka dan pembelajaran online?
a. Dapat menerapkan berbagai macam pilihan strategi pembelajaran sehingga kualitas belajar siswa meningkat. 
b. Dapat meningkatkan minat belajar peserta didik sehingga tingkat kehadiran dikelas menjadi lebih baik.
c. Menyediakan beberapa pilihan model kelas yang dapat dipakai oleh guru dalam menyusun kegiatan pembelajaram.
d. Memberikan kebebasan kepada peserta didik untuk memilih system pembelajaran online atau tatap muka.

12. Bagaimana cara yang dapat digunakan guru dalam mengevaluasi model blended learning saat kegiatan pembelajaran telah berakhir?
a. Melalui evaluasi yang diberikan oleh pihak eksternal seperti orangtua peserta didik dna kepala sekolah.
b. Melalui lembar pengamatan aktifitas peserta didik selama kegiatan pembelajaran berlangsung.
c. Melalui data kehadiran peserta didik baik dalam sesi pembelajaran online maupum pembelajaran tatap muka.
d. Melalui data hasil belajar, penilaian kinerja, serta komentar dari peserta didik terhadap kegiatan pembelajaran.  

13. Dengan semakin banyaknya situs komunikasi dalam media sosial seperti facebook, twitter, instagram, dan myspace membuat komunikasi dan saling bertukar informasi semakin mudah. Perkembangan digital ini menuntut baik pendidik dan peserta didik bukan hanya mampu mencari dan memanfaatkan informasi saja, melainkan juga mampu menciptakan (create) informasi di internet. Potensi pemanfaatan pembelajaran digital tersebut, termasuk dalam kategori ….
a. potensi akses informasi 
b. potensi alat komunikasi
c. potensi pendidikan dan pembelajaran
d. potensi pemanfaatan informasi

14. Hasil analisis kondisi pembelajaran menunjukkan, semua siswa memiliki handphone, kompetisi dan kerjasama tim rendah, guru perlu memberikan umpan balik yang cepat dan spesifik pada siswa terutama dalam penyelesaian tugasnya, siswa perlu aktivitas pembelajaran yang menyenangkan dan memahami betul tujuan yang akan dicapai, dan semua siswanya menyukai tantangan. Berdasarkan hasil analisis tersebut, guru sebaiknya menerapkan pembelajaran dengan menggunakan ....
a. Mobile learning
b. Games based learning 
c. Cloud computing
d. Social media
e. E-learning

 SOAL DAN JAWABAN TES SUMATIF MODUL 3 PPG DALJAB



1. Anak mampu menggunakan simbol atau bahasa tanda, dan mulai berkembangnya konsep-konsep intuitif, menunjukkan bahwa anak telah berada pada...Tahap praoperasional

2. Apakah yang dimaksud dengan Subsumptive Sequence? Urutan pengajaran dimulai dengan mengerjakan isi pengajaran secara umum ke yang lebih rinci

3. Hubungan antara stimulus dan respin menurut Skinner adalah...Interaksi antara stimulus dan respon memiliki konsekuensi yang menjadi akibat munculnya perilaku

4. Siswa terlepas dari sifatnya, dapat dilatih apapun, merupakan bagian penting ide pemikiran tentang belajar yang disampaikan oleh...Watson

5. Perubahan mental anak tergantung pada proses sosialnya yaitu bagaimana anak berinteraksi dengan lingkungan sosialnya merupakan kunci utama dari teori... konstruktivistik

6. Domain tertinggi dalam domain afektif adalah...Pengalaman

7. Tujuan akhir pendidikan adalah menciptkan manusia yang mampu membuat sesuatu yang baru. Pernyataan ini merupakan pemikiran dari...Piaget

8. Apakah yang dimaksud dengan respon dalam teori behavioristik? Reaksi atau tanggapan terhadap stimulus

9. Stimulus dalam belajar hampir selalu dikaitkan dengan kebutuhan biologis, walaupun bentuk respon yang muncul dapatbermacam-macam. Pernyataan ini merupakan pemikiran yang disampaikan oleh...Clark Hull

10.  Bu Rani sering memberikan stimulus kepada siswanya dengan keyakinan bahwa banyaknya stimulus yang diberikan akan membantu siswa memiliki respon yang sama. Berdasarkan pernyataan tersebut, dapat disimpulkan bahwa bu Rani menerapkan teori Behavioristik

KUMPULAN INSTRUMEN EVALUASI KLIK DISINI

11. Pak Slamet memberikan tugas kepada siswanya untuk mengamati proses pertumbuhan kecambah dan meminta para siswa mendeskripsikan hasilnya sesuai dengan apa yang mereka amati. Ilustrasi tersebut menunjukkan bahwa pak Slamet telah menerapkan teori Konstruktivistik

12. Domain tertinggi dalam domain psikomotorik adalah...Naturalisasi

13. Apakah yang dimaksud dengan akomodasi? Proses penyesuaian struktur kognitif ke dalam situasi yang baru

14. Teori free discovery learning merupakan teori yang diperkenalkan oleh...Brunner

15. Teori stimulus dan respon merupakan teori dari aliran behavioristik yaitu...Koneksionisme

16. Apabila individu menerima informasi atau pengalaman baru maka informasi tersebut akan dimodifikasi sehingga cocok dengan struktur kognitif yang telah dipunyainya, merupakan pengertian dari...Asimilasi

17. Apakah yang dimaksud dengan equilibrasi?Penyesuaian berkesinambungan

18. Ciri utama evaluasi dalam teori behavioristic adalah...Evaluasi belajar dipandang sebagai bagian yang terpisah dari kegiatan pembelajaran

19. Salah satu ciri pembelajaran tradisional adalah...Kurikulum disajikan dari bagian-bagian menuju keseluruhan dengan menekankan pada keterampilan-keterampilan dasar

20. Ketika siswa diberi tugas oleh guru ketika tugasnya ditambahkan maka ia akan semakin giat belajarnya. Merupakan contoh dari pelaksanaan teori...Behavioristik

21. Ciri utama dari teori belajar kognitif adalah...Mementingkan proses belajar daripada hasil belajarnya

22. Setiap siswa melakukan kegiatan baru akan membentuk jalur-jalur/sel orak baru dan jika mengulangi pengalaman/aktivitasnya akan mengembangkan jalur-jalur yang telah ada. Artinya....Kegiatan setiap hari merupakan pengalaman belajar 

23. Bu Ani mengajar di siang hari untuk mata pelajaran yang memerlukan konsentrasi belajar tinggi. Bagaimana seharusnya Bu Ani melaksanakan pembelajaran pada siang hari ketika siswa sudah mulai lelah dan mengantuk?. Sebaiknya bu Ani menerapkan strategi pembelajaran... Pembelajaran atraktif yang menyenangkan siswa

24. Salah satu gunsi Advance organizer yang dikembangkan oleh Ausebel adalah....

Sebagai kerangka isi akan dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam mempelajari informasi baru

25. Perkembangan intelektual ditandai dengna adanya kemajuan dalam menanggapi suatu rangsangan. Pendapat tersebut merupakan pendapat yang disampaikan oleh...Brunner 

26. Anak sudah mulai menggunakan aturan-aturan yang jelas dan logis, menunjukkan bahwa anak telah berada pada...Tahap operasional konkrit

27. Hirarkhi belajardan analisis tugas merupakan bentuk pembelajaran yang dikembangkan berdasarkan teori...Kognitif

28. Bu Dewi membagi siswa dalam kelompok dengan tingkat kemampuan yang berbeda agar siswa yang satu dapat saling belajar dengan siswa yang lain. Apa yang dilakukan bu Dewi ini sesuai dengan teori...Kokonstruktivistik

29. Agar pembelajaran bermakna perbedaan pendapat perlu dihargai dan belajar eksprensial perlu dilakukan. Hal ini merupakan ciri belajar berdasarkan teori...Konstruktivistik

30. Guru memberikan umpan balik untuk meningkatkan kegiatan belajar siswa dapat dilakukan dengan cara...Memberikan nilai terhadap prestasinya

1 komentar:

TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGANNYA

SAMISANOV Menjelajah Negeri