ARDI KUSNADI

Minggu, 22 April 2018

WORKSHOP SAGUSAKA IGI KKU

IGI Kabupaten Kayong Utara kembali akan mengadakan pelatihan yaitu workshop SAGUSAKA (Satu Guru Satu Aplikasi Koreksi LJK berbasis android). Kegiatan ini direncanakan akan dilaksanakan pada hari Sabtu, tanggal 5 Mei 2018 Pukul 08.00 - 15.00 WIB.



Fasilitas Peserta : Sertifikat 32 jam, Snack + Makan siang
Perlengkapan yang harus dibawa : Laptop, HP Android, Kuota, Colokan Listrik
HTM : Anggota IGI = Rp 50.000, Umum = Rp 125.000

Pada pelatihan ini, nantinya para guru yang ikut akan diperkenalkan dengan dua buah aplikasi pengoreksi yang nantinya diharapkan akan mempermudah dalam pelaksanaan evaluasi yaitu pada saat ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester, ujian, tugas dan lain sebagainya yang menggunakan soal menggunakan pilihan ganda.

Dengan kamera smartphone, anda dapat menggunakan aplikasi ini untuk mengoreksi Lembar Jawaban Komputer (LJK) yang sudah ada formatnya. Aplikasi ini sangat berguna buat guru yang ingin mengoreksi jawaban siswa. Tentu saja, hal ini juga dapat mengurangi kesalahan manusia (human error). Jadi cukup sediakan kamera dan aplikasinya = Hasil Koreksi.  Sederhana dan mudah.

Guru sering membuat tes bagi siswa dalam bentuk pilihan ganda untuk menentukan keberhasilan belajar siswa. Guru sebagai manusia, pasti juga sering keliru mengoreksi hasil tes muridnya. Jadi seringkali siswa memprotes karena nilainya kurang atau lebih. Proses koreksi yang terlalu lama juga membutuhkan konsentrasi tinggi.  Jadi yang datang ke pikiran anda mungkin “Ada tidak ya, software yang bisa mengkoreksi hasil tes siswa secara cepat dan akurat?”

Saya menemukan beberapa perangkat lunak yang keren, tetapi perangkat lunak tersebut butuh alat dengan harga Scanner yang luar biasa mahal. Kemudian pada pelatihan SAGUSAKA di Ikatan Guru Indonesia (IGI) akan diperkenalkan aplikasi  ini. Ternyata solusinya cukup menggunakan kamera smartphone yang notabenenya guru sudah punya (alias tidak membeli lagi) untuk mengoreksi jawaban layaknya scanner mahal tersebut, dan hal yang paling penting kameranya harus bagus.

Ya, itulah Mengoreksi semudah selfie :

Adapun yang berminat ikut workshop SAGUSAKA, silahkan isi formulir pendaftaran berikut :

 Cek pendaftaran anda disini : (EXCEL)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGANNYA

SAMISANOV Menjelajah Negeri