Sabtu, 30 November 2019

TES KARAKTERISTIK PRIBADI 2

SOAL 1
Anda seorang karyawan yang memiliki dedikasi yang tinggi terhadap pekerjaan. Suatu hari anda dihadapkan dengan pekerjaan yang sangat banyak dan semuanya memiliki deadline yang sama. Sebagai karyawan yang profesional apa yang anda lakukan …

A. Menyelesaikan pekerjaan sesuai deadline dengan hasil sebisanya
B. Memilih lembur dengan harapan mendapat tambahan gaji berupa uang lembur
C. Pulang sesuai jadwal dengan meninggalkan setumpuk pekerjaan di meja untuk dikerjakan besok
D. Melapor pada atasan bahwa anda butuh bantuan karyawan lain dalam menyelesaikan tugas yang banyak
E. Membawa tugas tersebut ke rumah dan mengerjakannya dirumah sampai larut malam

SOAL 2
Karena terjadinya beberapa permasalahan di perusahaan anda yang mengakibatkan terjadinya penurunan financial. Hal ini tentu saja berdampak bagi kelangsungan seluruh komponen perusahaan termasuk karyawan, apa yang akan anda lakukan …
A. Tetap bekerja dengan baik seperti hari-hari sebelumnya       
B. Membuat strategi baru untuk meningkatkan hasil kinerja
C. Mempelajari hal yang mungkin jadi penyebab penurunan tersebut
D. Sebagai karyawan saya akan mengikuti arahan dari atasan dan kebijakan perusahaan
E. Tetap bertahan di perusahaan dan meminta perusahaan mencari jalan keluar

SOAL 3
Karena banyaknya tugas team yang harus diselesaikan anda meminta bantuan teman anda untuk mengerjakan sebuah tugas yang deadline juga bersamaan dengan tugas team yang lain. Namun di tengah proses pengerjaan tugas tersebut kelihatannya teman anda kurang bersemangat mengerjakannya, apa yang anda lakukan …
A. Menanyakan hal yang membuatnya tidak bersemangat
B. Mengamati dan mencari tahu akar permasalahannya
C. Menyemangati teman untuk mengerjakannya
D. Mengobrol dan mengingatkan teman akan target pengerjaan seharusnya
E. Meminta agar tugas tersebut dapat diselesaikan tepat waktu

SOAL 4
Siang ini anda berkunjung ke sebuah tempat wisata, karena hari libur tentu saja pengunjung sangat ramai. Pada saat pembelian tiket masuk objek wisata antrian sangat panjang, kemudian anda melihat seorang ibu hamil sedang mengantri selang 10an antrian di belakang anda. Ibu tersebut kelihatan sangat lelah ditambah lagi cuaca pada saat itu panas, apa yang anda lakukan …
A. Meminta ibu tersebut untuk mengambil antrian anda
B. Meminta ibu tersebut untuk berpindah ke antrian di depan anda
C. Bertukar posisi antrian dengan ibu tersebut
D. Antri seperti biasa karena kondisi antrian sangat panjang
E. Menyuruh ibu tersebut untuk antri di dekat anda

SOAL 5
Siang ini anda sedang melayani banyak nasabah di kantor anda, antrian cukup panjang. Kemudian ada seorang kakek kakek umur 70 tahun juga ikut mengantri. Karena terlalu lama dan antrian panjang, kakek tersebut meminta untuk dilayani terlebih dahulu, sikap anda …
A. Minta maaf, Meminta kakek tersebut untuk antri sesuai dengan nomer antrian
B. Minta maaf, Meminta untuk tetap antri karena pelayanan didasarkan kepada jadwal kedatangan
C. Langsung melayani kakek tersebut karena dia sudah tua
D. Melayani kakek tersebut kemudian memberikan pengertian kepada pelanggan yang lain
E. Memberikan pengertian kepada yang lain dan melayani kakek tersebut

SOAL 6
Sebagai seorang calon ASN kita dituntut untuk cermat dalam bermedia sosial. Di era milenial sekarang ini marak berita dan informasi hoax di media sosial yang disebarkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab membuat banyak orang mudah terprovokasi, berdebat kusir, sikap anda mangatasi hal ini …
A. Membatasi penggunaan media sosial yang penting-penting saja
B. Mengenali sumber berita akurat atau tidaknya
C. Mengenali dari judul berita terkadang terkesan provokatif
D. Membacanya saja kemudian tidak mengambil pusing informasi tersebut
E. Membaca keseluruhan informasi secara lengkap

SOAL 7
Sebuah perusahaan harusnya juga peka terhadap kebutuhan karyawannya. Jangan hanya menuntut untuk bekerja cepat, tepat. Tapi juga mengerti permasalahan dari karyawan. Contohnya saja seperti isu keluarga atau keuangan bisa saja mengganggu konsentrasi karyawan dalam bekerja sehingga membuat kinerjanya menurun, harusnya …
A. Perusahaan bisa memberikan gaji yang lebih besar kepada karyawan
B. Memberikan bonus pada karyawan yang berkinerja bagus
C. Membuat kebijakan baru, pinjaman karyawan.
D. Meminta setiap pimpinan divisi mau membantu bawahan yang sedang bermasalah dalam keuangan
E. Memberikan akses untuk karyawan berbisnis sampingan di perusahaan

SOAL 8
Suatu hari anda dimarahi oleh atasan anda karena telat mrngumpulkan laporan kerja, sehingga anda di nilai kurang bertanggung jawab dan membuat image anda buruk. Sedangkan fakta anda telat mengumpulkan tugas tersebut karena printer yang akan anda gunakan bermasalah, sikap anda …
A. Meminta maaf kepada atasan dan berjanji tidak mengulangi hal yang sama
B. Minta maaf dan menjelaskan bahwa kesalahan tersebut bukan semata mata karena anda
C. Menjelaskan bahwa printer untuk anda mencetak laporan bermasalah
D. Minta maaf dan menjelaskan jika keterlambatan anda karena printer perusahaan yang bermasalah
E. Tidak terima karena seharusnya perusahaan juga memfasilitasi semua sarana penunjang kerja karyawan

SOAL 9
Kita hidup di negara yang memiliki ragam kepercayaan, budaya dan adat istiadat yang berbeda-beda. Di perusahaan anda sendiri terdiri dari orang orang yang berbeda latarbelakang, banyak karyawan muslim yang mengeluhkan sulitnya beribadah karena ketersediaan tempat atau pada jam untuk beribadah mereka harus tetap bekerja, sikap anda …
A. Akan memfasilitasi tempat untuk beribadah mereka di lingkungan perusahaan
B. Mendiskusikan hal ini dengan jajaran pimpinan dan pemilik perusahaan untuk dicari solusinya
C. Karena pemilik perusahaan seorang non muslim, maka itu sudah menjadi aturan yang harus dipatuhi karyawan
D. Memberikan kebijakan yang bersifat toleran kepada karyawan
E. Bersifat toleran dan menyediakan semua fasilitas ibadah karyawan

SOAL 10
Suatu hari anda akan mengadakan audit ke sebuah sekolah yang lokasinya cukup jauh dan hanya bisa ditempuh dengan perjalanan darat. Di tengah perjalanan mobil yang anda bawa mengalami kecelakaan padahal mobil tersebut adalah mobil pinjaman. Untuk memperbaiki mobil tersebut anda harus mengeluarkan uang sangat banyak. Setelah mobil di servis setelah menunggu 3 jam, anda kembali melanjutkan perjalanan. Ketika akan pulang kepala sekolah memberikan sejumlah uang, sikap kamu …
A. Menerima uang transport tersebut jika tidak diketahui oleh rekan tim yang lainnya
B. Mengembalikan uang transport secara tegas dan halus
C. Menolak karena kamu tahu itu bentuk gratifikasi
D. Menolak karena disuruh atasan untuk bekerja dengan jujur dan bebas KKN
E. Marah karena kepala sekolah telah berusaha untuk menyogok

SOAL 11
Banyak karyawan dari perusahaan yang anda pimpin tiba-tiba mengundurkan diri, diantaranya merupakan karyawan yang berprestasi dan berkinerja baik, anda mengetahui jika kebanyakan alasan pengunduran diri karyawan tersebut adalah karena perusahaan tidak memberi kesempatan pada karyawannya untuk mengembangkan diri, di sisi lain keuangan perusahaan sedang tidak memungkinkan untuk hal tersebut, sedangkan jika hal ini terus dibiarkan akan berdampak buruk dan merugikan perusahaan anda karena kehilangan SDM yang bagus, sikap anda …
A. Memberikan karyawan kesempatan untuk mengembangkan diri dengan cara mengikutkan seminar
B. Memberikan karyawan kesempatan pengembangan diri dengan mengikutkan pelatihan
C. Semua perusahaan ingin karyawannya berkembang tapi karena kondisi keuangan perusahaan sedang tidak mendukung hal ini tidak terhindarkan
D. Pimpinan sendiri harus memberikan pembekalan tersebut agar karyawan bisa mengembangkan dirinya ke arah yang lebih baik.
E. Pemilik perusahaan harusnya lebih peka terhadap karyawan dan memfasilitasi pengembangan diri mereka

SOAL 12
Dalam dunia kerja, Anda akan bertemu dengan orang-orang dari latar belakang yang berbeda. Terkadang ada orang yang cuek dan tidak mau tau, ada juga yang sangat aktif mengkritik dan menyuarakan pendapatnya terhadap anda, sikap anda …
A. Bersifat terbuka terhadap kritik atau masukkan
B. Menjadikan kritikan sebagai masukan yang membangun agar Anda bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi.
C. Saya jadikan kritikan sebagai bahan evaluasi diri
D. Berusaha menerima setiap kritikan yang dilontarkan untuk anda
E. Memahami karakter setiap orang yang anda temui

SOAL 13
Anda diminta oleh atasan anda untuk menyiapkan sebuah presentasi untuk bertemu dengan client besok pagi. Presentasi anda besok pagi akan menjadi penentu bagi kelanjutan kerja sama perusahaan dengan si client, atasan anda meminta anda untuk membuat presentasi yang bagus dan membuat client antusias untuk tau lebih jauh, sikap anda …
A. Saya akan membuat presentasi yang sangat detail agar bisa tersampaikan pada intinya
B. Saya akan menggunakan bahasa santai dan sedikit candaan ketika presentasi berlangsung
C. Membuat presentasi yang memuat penjelasan secara terperinci
D. Membuat presentasi dengan sedikit tulisan dan beberapa gambar
E. Membuat presentasi yang memuat inti dari setiap poin yang saya sampaikan

SOAL 14
Di kantor anda beredar kabar bahwa salah seorang rekan kerja anda menggelapkan uang penjualan bulanan untuk keperluan pribadinya. Dan sudah beberapa hari ini rekan tersebut tidak masuk bekerja. Kabar ini sangat cepat menyebar keseluruh karyawan, sehingga menjadi buah bibir di kantor anda, menurut anda …
A. Pihak perusahaan harus memberikan sanksi yang tegas terhadap pelaku
B. Sifat teman tersebut sudah diluar batas dan dapat menyebabkan kerugian besar pada perusahaan
C. Kabar tersebut belum pasti jadi saya tidak mau berkomentar lebih jauh
D. Saya akan mencari kebenaran informasi tersebut sebelum memberikan pendapat
E. Saya tanyakan kepada teman-teman yang lainnya apakah informasi tersebut benar adanya

SOAL 15
Siang ini semua karyawan dikumpulkan oleh atasan anda untuk membicarakan permasalahan kantor. Kemudian pada saat anda diminta atasan anda untuk memberikan tanggapan terhadap sebuah permasalahan yang ada di kantor anda tersebut, tiba-tiba rekan kerja anda menyanggah penjelasan anda pada saat anda berbicara, menurut anda …
A. Wajar saja, karena dalam diskusi komunikasi harus berlangsung dua arah
B. Mungkin apa yang saya jelaskan barusan tidak sesuai dengan gagasannya, namun ini adalah hal yang wajar di dalam sebuah diskusi
C. Harusnya dia mendengarkan saya dulu, lalu baru berbicara
D. Seharusnya rekan saya bisa angkat tangan jika ingin menyampaikan gagasannya dalam diskusi
E. Teman saya ingin menyampaikan gagasannya juga pada saat saya berbicara

SOAL 16
Anda merupakan seorang manajer pada sebuah perusahaan. Sudah beberapa bulan ini ada salah satu karyawan yang tidak dapat bekerja dengan baik, bahkan cenderung menghambat aktivitas di perusahaan, banyak pekerjaan yang tertunda karena harus menunggu dia menyelesaikan pekerjaannya, terkadang setelah ditunggu pun hasilnya sangat buruk, padahal anda sudah memastikan bahwa beban kerja karyawan tersebut sudah sesuai dengan peraturan dan prosedur perusahaan. Perusahaan pun telah memberikan kesempatan beberapa kali untuk perbaikan dan memberi pelatihan, namun setelah diamati tidak ada perubahan sama sekali, yang anda lakukan …
A. Memberi kesempatan terus sampai dia bisa berubah menunjukkan peforma terbaiknya, meski akan mengganggu kinerja perusahaan
B. Memberikan kesempatan karena setiap karyawan berhak atas hal tersebut
C. Terpaksa mencari penggantinya agar kinerja perusahaan kembali membaik
D. Memberhentikannya dan memastikan semua keputusan saya terdokumentasi
E. Memberhentikan karyawan yang bermasalah tersebut, karena tidak bekerja dengan baik

SOAL 17
Di divisi tempat anda bekerja sedang terjadi sebuah masalah yang dapat mempengaruhi kinerja karyawan dalam menyelesaikan tugasnya. Anda sebagai atasan sudah mencoba untuk berfikir dan memandang masalah tersebut secara objektif dan menganalisis setiap karyawan yang dapat terpengaruh atas masalah tersebut, kemudian yang anda lakukan …
A. Meminta mereka untuk berpartisipasi lebih baik lagi dan patuh terhadap semua kebijakan yang akan di ambil
B. Menyuruh mereka mematuhi semua kebijakan dan meminta penyelesaian dari masalah tersebut
C. Meminta masukkan dari mereka dan membuat keputusan secepatnya agar dipatuhi semua karyawan divisi
D. Membuat keputusan secepatnya dan memberitahu karyawan divisi akan hal tersebut, agar tidak kaget
E. Meminta masukan dari mereka, melakukan revisi seperlunya, dan kemudian mengajak mereka turut mengimplementasikan rencana yang telah disepakati bersama.

SOAL 18
Anda diminta atasan anda untuk menyelesaikan sebuah masalah di dalam pekerjaan karena atasan anda menilai anda karyawan yang paling mampu mengatasinya dengan baik dan efektif. Namun ketika di tengah jalan penyelesaian yang anda berikan terhadap permasalahan tersebut sedikit kurang optimal untuk memberikan solusi terbaik seperti yang diharapkan perusahaan, yang anda lakukan …
A. Saya akan merubah semua solusi yang ada dan membuat penyelesaian baru
B. Saya meminta atasan untuk memberikan saya waktu lebih untuk memikirkannya
C. Saya melakukan modifikasi atas keputusan tersebut, terkadang modifikasi kecil sudah cukup
D. Mengembalikan tugas tersebut kepada atasan untuk dilimpahkan kapada karyawan lain
E. Memikirkan cara yang paling efektif dari penyelesaian sebelumnya

SOAL 19
Beberapa hari terakhir ini di kantor anda sedang disibukkan dengan banyaknya deadline pekerjaan yang harus diselesaikan secepatnya, sehingga setiap komponen perusahaan diminta untuk memberikan kemampuan terbaiknya bagi perusahaan, karena jika ada pekerjaan yang tertunda akan berpengaruh terhadap produktivitas kerja. Namun ada beberapa karyawan yang datang kepada anda bercerita dan mengeluhkan beberapa hal yang tidak berkaitan dengan pekerjaan, sikap anda …
A. Saya selalu terbuka terhadap setiap karyawan untuk berkeluh kesah kapanpun mereka membutuhkannya
B. Hal tersebut harus di batasi karena dapat mengganggu kinerja perusahaan
C. Selalu bersimpati dan memberikan nasehat dan solusi yang paling baik terhadap setiap masalah mereka
D. Bersimpati dan memberikan solusi dan nasehat dengan tetap memprioritaskan kepentingan perusahaan
E. Saya akan selalu baik kepada setiap karyawan di perusahaan dan dapat menjadi teman curhat mereka setiap waktu

SOAL 20
Anda telah bekerja sesuai dengan SOP yang perusahaan berikan kepada setiap karyawan dengan jelas, sudah terdokumentasi sebagai panduan bagi setiap karyawan dalam bekerja dan telah menerapkannya setiap hari dengan baik, namun terkadang ada kondisi dimana sebuah masalah yang timbul tidak dijelaskan bahkan tidak ada di dalam SOP yang perusahaan berikan, yang akan anda lakukan …
A. Tetap mengikuti SOP yang ada meskipun pekerjaan selesai jadi sangat lama dan mengganggu kinerja
B. Meminta bantuan kepada rekan karyawan yang lain untuk dicarikan solusi terbaik
C. Melihat dari kondisi yang ada dan saya sesuaikan dengan misi perusahaan agar pekerjaan cepat terselesaikan
D. Menyuruh atasan untuk meriview kembali SOP yang ada agar karyawan dapat bekerja dengan baik
E. Memikirkan penyelesaian yang sekira cocok dan bisa saya kerjakan sesuai kemampuan saya dan misi perusahaan


TKP 1


SOAL 21
Anda baru saja di mutasi ke sebuah cabang baru dari perusahaan anda yang berlokasi di luar kota, anda diberikan tanggung jawab yang lebih besar dari sebelumnya untuk mengontrol dan mewujudkan tujuan perusahaan di kantor cabang baru tersebut, dan memajukan perusahaan. Namun cabang baru tersebut di isi oleh karyawan karyawan baru dari daerah dan belum berpengalaman, yang anda lakukan …
A. Memberitahukan kepada karyawan baru tersebut terkait pekerjaan yang harus mereka kerjakan
B. Menyuruh mereka untuk lebih berinisiatif untuk mengimprovisasi diri dan meningkatkan kualitas dalam bekerja
C. Menyuruh mereka membaca semua tugas mereka dan menerapkannya dalam setiap pekerjaan
D. Meminta untuk bekerja maksimal dan loyal terhadap perusahaan
E. Mengkomunikasikan sasaran perusahaan dan memotivasi staf saya untuk mencapainya.

SOAL 22
Beberapa tahun lagi anda akan memasuki usia pensiun dari salah satu instansi pemerintahan tempat anda bekerja selama ini. Tanggung jawab anda untuk mengabdi bagi negarapun telah selesai. Sekarang anda memasuki babak baru dimana tidak lagi terikat dengan pekerjaan dan pengabdian terhadap negara. Hal apa yang akan anda rencanakan untuk selanjutnya ketika waktu itu telah tiba …
A. Saya membuka usaha kecil-kecilan dirumah sambil menghabiskan hari tua saya dengan anak dan cucu-cucu saya
B. Memiliki tanah di berbagai tempat strategis untuk investasi masa tua saya dan keluarga
C. Membuka lapangan kerja buat orang terdekat dan yang membutuhkan pekerjaan karena zaman sekarang sulit mendapatkan pekerjaan
D. Memiliki warisan harta yang berguna bagi anak dan cucu saya kelak ketika waktu tersebut sudah tiba
E. Beristirahat saja setiap hari di rumah menikmati hari-hari tua saya bersama keluarga

SOAL 23
Terdapat himbauan dan ajakan dari pemerintah kepada masyarakat terutama aparatur sipil negara untuk mengurangi pemanasan global akibat dari efek gas rumah kaca yang sudah terjadi hampir di seluruh belahan dunia, kontribusi yang dapat anda lakukan untuk mendukung program pemerintah tersebut sebagai seorang ASN yang setiap harinya berangkat untuk bekerja …
A. Menanami pekarangan rumah dengan pohon-pohon hijau
B. Menggunakan transportasi umum untuk berpergian
C. Mematikan peralatan listrik yang tidak penting
D. Membuang sampah pada tempatnya
E. Membatasi penggunaan limbah plastik dalam kegiatan sehari-hari

SOAL 24
Anda mendapatkan tugas untuk menyelesaikan urusan kantor di luar kota dengan beberapa rekan team lainnya. Karena tugas ini sangat penting bagi perusahaan, anda diminta untuk bekerja dengan cermat, cepat, efektif dan efisien dan selalu mematuhi SOP yang ada. Namun ada salah satu dari rekan anda yang melakukan kesalahan cukup fatal karena tidak bekerja sesuai dengan prosedur, yang anda lakukan …
A. Mendalami kesalahan yang telah diperbuat teman tersebut
B. Memintanya untuk mempertanggung jawabkan kesalahannya kepada atasan
C. Membicarakannya dengan rekan kerja yang lain untuk mengambil sikap
D. Mengeluarkannya dari team dan menyuruh bertanggung jawab
E. Membicarakan kepada atasan tentang permasalahan tersebut

SOAL 25
Anda sedang melakukan diskusi dengan rekan kerja divisi anda, kemudian ketika diskusi berlangsung ada seorang rekan kerja anda yang mengusulkan sebuah ide yang menurutnya sangat baik, namun menurut anda hal tersebut beresiko besar jika tetap dilakukan, ketika anda memberikan tanggapan namun teman tersebut tidak menanggapi dengan sikap yang baik, seakan-akan tidak mau gagasannya di sanggah, sikap anda …
A. Diam saja dan mengikuti semua gagasannya demi menghindari konflik
B. Memintanya untuk memberikan gagasan yang lebih realistis dan resikonya kecil
C. Mengajaknya untuk bicara santai dan fokus pada tujuan awal
D. Memintanya untuk memikirkan kembali gagasan yang diusulkan
E. Keluar dari ruang diskusi dan memberitahukan kepada atasan

SOAL 26
Anda baru saja di pindahkan ke departement lain di kantor anda yang masih memiliki hubungan dengan pekerjaan sebelumnya. Namun di tempat anda yang baru setiap karyawan sangat serius dalam bekerja, jarang bahkan tidak pernah anda melihat mereka bekerja dengan santai dan sedikit bercanda, sikap anda …
A. Tetap bekerja seperti biasanya pada saat anda bekerja di tempat lama
B. Mempertanyakan tentang kondisi tersebut kepada rekan baru anda
C. Melakukan pembiasaan dengan cara kerja ditempat baru
D. Bekerja sesuai dengan jati diri saya sendiri tanpa terpengaruh orang lain
E. Mengajak mereka untuk tidak terlalu serius dalam bekerja

SOAL 27
Team anda mendapat tugas dari atasan anda untuk membantunya menyelesaikan dokumen-dokumen penting yang harus dibawahnya dalam rapat petinggi perusahaan. Dokumen yang harus disiapkan cukup banyak. Namun salah seorang rekan anda sulit untuk diajak bekerjasama dan cendrung menganggap sepele tugas yang diberikan atasan, perilaku dan sikapnya bahkan dapat berbahaya bagi keselarasan di tempat kerja, sikap anda …
A. Meminta atasan untuk menegurnya agar bisa diajak bekerja sama
B. Memberikan pengertian agar sadar akan tugas dan tanggung jawab
C. Menyuruhnya untuk menyelesaikan tugasnya secepat mungkin
D. Membiarkan saja, karena bukan urusan anda untuk menegurnya
E. Memintanya untuk tidak menganggap sepele setiap pekerjaan

SOAL 28
Suatu hari Saya dan teman-teman bersepakat untuk pergi ke perpustakaan kota bersama guna mencari buku untuk mengerjakan tugas sekolah. Saya dan seorang teman Saya sudah menunggu selama 1 jam di tempat yang disepakati. Namun ada dari dua orang teman saya yang datang terlambat dan mengatakan bahwa mereka membantu seorang ibu-ibu yang keserempet mobil dan si pengemudi mobil tersebut meninggalkannya begitu saja. Maka yang akan saya lakukan adalah …
A. Menyuruh mereka pulang saja karena sudah tidak bisa menepati janji dan menghargai waktu orang lain
B. Menyuruh mereka untuk duduk dan menanyakan permasalahan yang terjadi dan kondisi mereka.
C. Memberitahu mereka bahwa lain kali mereka tidak akan ditunggu, jika tidak memberikan sama sekali
D. Merasa kesal dan kecewa karena sudah menunggu lama dan menyuruh mereka pulang saja dan saya langsung ke perpustakaan
E. Mengajak mereka ke perpustakaan kota untuk melupakan peristiwa yang baru saja terjadi.

SOAL 29
Ketika menjadi panitia sebuah acara di kampus anda, anda mendapatkan telpon dari pacar anda bahwa dia membutuhkan bantuan anda untuk menjemputnya ke stasiun kota, pacar anda mengatakan jika sudah mencoba menghubungi jasa angkutan online tapi tidak ada yang mengambil orderannya, sedangkan tugas anda masih banyak dan harus selesai hari ini juga mengingat acara akan dilaksanakan besok harinya, sikap anda …
A. Minta maaf dan mengatakan bahwa anda tidak bisa datang untuk menjemputnya
B. Memintanya untuk mencoba lagi untuk memesan jasa kendaraan online
C. Menjemputnya terlebih dahulu dan melanjutkan pekerjaan yang tertunda selama anda pergi
D. Meminta rekan anda yang lain untuk menyelesaikan tugas anda dan pergi menjemput pacar anda
E. Tidak datang menjemput dan resiko diputusin pacar oleh pacar anda

SOAL 30
Weekend ini anda berencana membantu adik anda dan teman kelompoknya untuk membuat sebuah artikel ilmiah. Ketika sedang mengajarkan bagaimana cara membuat sebuah karya ilmiah yang baik, kemudian di televisi terdapat berita tentang semakin besarnya angka pengangguran di indonesia, yang dapat anda sarankan untuk adik dan dan teman kelompoknya …
A. Minta mereka untuk kuliah dengan sungguh-sungguh agar pada saat lulus nanti mudah mendapatkan pekerjaan
B. Meminta rajin dan serius ketika kuliah dan patuh pada aturan agar bisa lulus tepat waktu
C. Meminta mereka menyiapan soft skill dan hard skill mulai dari sekarang
D. Meminta mereka untuk tidak hanya menjadi kutu buku saja tapi juga ikut organisasi
E. Tidak menyarankan apa apa berharap mereka sadar sendiri nantinya tentang persaingan dunia kerja

SOAL 31
Anda diminta atasan anda untuk membantunya weekend ini di kantor menyelesaikan beberapa tugas penting. Namun dalam perjalanan menuju ke kantor, kendaraan yang anda tumpangi tiba-tiba rusak sehingga harus diperbaiki terlebih dahulu, dan membutuhkan waktu beberapa menit agar bisa digunakan lagi, sedangkan atasan anda telah menelpon berulang kali meminta anda segera datang ke kantor karena dia sangat membutuhkan bantuan anda …
A. Berusaha secepatnya ke kantor dengan mencoba untuk berjalan kaki
B. Menunggu kendraan sampai selesai diperbaiki dan meminta atasan menunggu
C. Meminta bantuan atasan di kantor agar segera dijemput dilokasi kerusakan kendraan yang anda tumpangi
D. Berjalan kaki sambil berusaha mencari tumpangan untuk ke kantor
E. Meminta pengemudi kendraan yang anda tumpangi untuk memperbaiki kendraannya dengan cepat

SOAL 32
Di perusahaan tempat anda bekerja saat ini memiliki tingkat disiplin dan aturan yang cukup ketat dimana setiap karyawan diminta untuk mampu bekerja cepat dan menyelesaikan semua tugas dan pekerjaan dengan baik, anda merupakan seorang karyawan baru yang tentu saja belum terlalu terbiasa akan hal tersebut, dalam melakukan semua pekerjaan anda di kantor hal apa yang anda lakukan …
A. Lebih suka jika bekerja dengan suasana kelompok dan bisa saling bertukar pikiran
B. Lebih suka bekerja sendiri dan fokus untuk menyelesaikan pekerjaan yang diemban
C. Melibatkan teman-teman dalam setiap hal-hal kecil terkait pekerjaan yang ada
D. Tekun, teliti, dan bekerja sampai semua pekerjaan dapat cepat diselesaikan
E. Lebih suka pekerjaan yang memberikan saya kebebasan waktu yang lebih fleksible

SOAL 33
Anda termasuk ke dalam salah satu dari 3 kandidat karyawan terbaik yang akan dipromosikan untuk naik jabatan di perusahaan anda. Untuk memutuskan siapa yang layak diantara kandidat yang ada, pimpinan perusahaan memberikan tugas yang sebelumnya tidak pernah anda kerjakan, bagaimana anda mengatasinya …
A. Bekerja sama dengan dua kandidat yang lain untuk saling membantu
B. Membaca berbagai referensi yang mendukung penyelesaian tugas tersebut
C. Membeli buku buku penunjang di gramedia untuk memudahkan dalam pemahaman terhadap tugas
D. Mencari referensi di google dan jurnal jurnal online dan memakainya untuk penyelesaian tugas agar hasilnya maksimal
E. Meminta bantuan dan pencerahan kepada atasan untuk menjelaskan bagaimana cara mengerjakannya

SOAL 34
Bulan ini anda menerima berbagai macam keluhan dari pelanggan anda terkait pelayanan dari perusahaan terhadap mereka. Sebagai perusahaan yang memberikan layanan anda sudah sepatutnya mengerti akan kebutuhan pelanggan agar mereka tetap menggunakan jasa perusahaan anda, ketika ada seorang pelanggan yang datang menyampaikan keluhannya, yang anda lakukan …
A. Meminta pelanggan tersebut untuk menyampaikan keluhannya
B. Menanyakan keluhan pelanggan tersebut dan menjadikan bagian dari solusi
C. Mendengarkan setiap keluhan yang masuk kepada anda dengan seksama
D. Mengatasi keluhan yang masuk dengan tetap tenang dan fokus
E. Mencoba mengerti keluhan pelanggan terhadap perusahaan

SOAL 35
Rekan team kerja anda dimarahi oleh atasan pada saat mengumpulkan tugas team karena sudah telat beberapa menit mengumpulkan tugasnya. Hal ini disebabkan karena rekan anda tersebut harus meng asembbly pekerjaan tersebut terlebih dahulu sebelum dikumpulkan ditambah lagi semua rekan anggota team mengumpulkan tugas pribadi mereka juga terlambat, sehingga rekan anda yang bertugas untuk mengasembbly setiap pekerjaan jadi tidak menyelesaikan pekerjaannya tepat waktu, sikap anda
A. Mendengarkan saja rekan anda dimarahi setelah itu memberikan semangat untuk tidak dimasukkan kehati ucapan atasan
B. Minta maaf kepada teman karena keterlambatan juga disebabkan oleh anggota team yang lain
C. Mengakui kesalahan kepada atasan jika anda juga turut berkontribusi pada masalah tersebut
D. Mengakui kesalahan kepada teman dan berjanji tidak akan mengulanginya lagi
E. Mengajak rekan anda untuk membicarakannya dan menghiburnya rekan yang dimarahi atasan

0 komentar:

Posting Komentar

TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGANNYA

SAMISANOV Menjelajah Negeri