Apa sebenarnya matematika itu? Pada saat
berbicara tentang matematika, yang terbayang dalam pikiran kita selalu
tentang “bilangan”, “angka”, “simbol-simbol”, atau “perhitungan”. Pakar
yang sangat tertarik dengan perilaku bilangan, melihat matematika dari
sudut bilangan. Pakar lain lebih mencurahkan perhatian kepada
struktur-struktur, dengan melihat matematika dari sudut pandang
struktur-strukturnya. Pakar lain lebih tertarik pada pola pikir atau
sistematika, maka ia melihat matematika dari sudut pandang
sistematikanya.
Adakah definisi tunggal matematika yang
disepakati bersama? Berdasarkan uraian di atas, beberapa definisi atau
ungkapan pengertian matematika hanya dikemukakan terutama berfokus pada
sudut pandang pembuat definsi tersebut. Hal demikian dikemukakan dengan
maksud agar pembaca dapat menangkap dengan mudah keseluruhan pandangan
para ahli matematika. Dengan kata lain tidak terdapat satu definisi yang
tunggal dan disepakati oleh semua tokoh atau pakar matematika.
Di bawah ini disajikan beberapa definisi atau pengertian tentang matematika.
- Matematika adalah cabang ilmu pengetahuan yang eksak dan terorganisasi secara sistematik.
- Matematika adalah pengetahuan tentang bilangan dan kalkulasinya.
- Matematika adalah pengetahuan tentang penalaran logis dan berhubungan dengan bilangan.
- Matematika adalah pengetahuan tentang fakta-fakta kuantitatif dan masalah tentang ruang dan bentuk.
- Matematika adalah pengetahuan tentang struktur-struktur yang logis.
- Matematika adalah pengetahuan tentang aturan-aturan yang ketat.
Dengan begitu banyak cabang matematika dan begitu luas lapangan
garapnya, bagaimana kita dapat menggambarkan matematika secara
sederhana? Jadi, bila kita harus menjawab pertanyaan matematika itu apa,
maka kita hanya bisa mendeskripsikan beberapa sifatnya. Dengan cara
begini pula para ahli telah mendeskripsikan matematika. Sebagian
definisi begitu sederhana dan sebagian yang lain cukup kompleks, tetapi
tidak ada deskripsi yang menjadi suatu definisi formal matematika. Apa
saja sifat-sifat yang sering digunakan para ahli untuk mendeskripsikan
matematika? Pada topik berikutnya kita akan membahas sifat atau
karakteristik tersebut beserta implikasinya pada pembelajaran
matematika.
0 komentar:
Posting Komentar