Selasa, 22 Mei 2018

Tutorial ZipGrade 4 (Import Data Siswa Melalui Website www.zipgrade.com)

Untuk memudahkan bertukar kirim data, zipgrade menyediakan website yang dapat diakses dengan cara login akun sesuai data yang digunakan di smartphone.  
Menu utama di web zipgrade sama dengan yang ada di android. Salah satu kemudahan yang dapat dilakukan di sini, adalah impor data siswa. Proses untuk impor data siswa adalah sebagai berikut: 




A. Siapkan file data siswa semua kelas yang akan diimpor dalam format file excel.
 Data yang dibutuhkan adalah :
  1. No identitas siswa dengan menggunakan 5 digit angka dengan teknik penomoran dengan kode untuk dapat membedakan siswa setiap kelasnya. Misalnya kelas 7A kode 701, kelas 7B kode 702, kelas 7C kode 703 kelas 7K kode 711 kemudian diikuti 2 digit nomor urutnya. Sehingga nomor id siswa kelas 7A dimulai 70101, 70102, 70103, dst…. disini saya akan menggunakan NIS.
  2. Nama pertama (First name) dan Nama kedua (Last name) yang secara default dipisahkan dalam dua kolom table. Namun dalam file data ini cukup tuliskan nama lengkap siswa di satu kolom last name saja, dan biarkan kosong pada kolom first name. 
  3. Kelas siswa. 
  4. Simpan file tersebut (save as) ke dalam format CSV 
  5. Klik OK ketika diminta konfirmasi.
B. Impor data melalui website zipgrade dimulai dengan :

  1. Buka web zipgrade,
  2. Login,
  3. Pilih tab “student”
  4. Kemudian “import student from csv”
  5. Klik “choose file”
  6. Kemudian cari dan pilih file data siswa csv dalam computer Anda,
  7. Kemudian klik “upload”. Jika di data siswa menggunakan table header, maka centang kotak “has a header row (skip first row), jika tidak maka hilangkan centang kotak "has a header row"
  8. Hasil upload data siswa sukses apabila data siswa terdistribusi dalam kolom-kolom yang berbeda

Langkah berikutnya adalah klik dropdown di mapping field untuk mendata field masing-masing komponen data. Terakhir klik finish import.

 Upload data siswa csv dinyatakan gagal jika layout data tidak terdistribusi (semua data terkumpul dalam satu kolom table). Ini terjadi karena file data siswa CSV yang dibuat dengan cara di atas (langkah A5) tidak dikenali system web zipgrade. Solusinya adalah membuat file data CSV dengan cara ke-2 seperti berikut ini:

  1. Siapkan data siswa dalam 4 kolom dengan mengulangi langkah A1, A2, dan A3.
  2. Kemudian di sell F2 isikan rumus =A2&”,”&B2&”,”&C2&”,”&D2&","&E2 dan enter. Tujuan penulisan ini agar pemisahan data di kolom diganti dengan pemisahan data menggunakan koma, sehingga hasilnya tertulis: a,b,c,d,e. Copy sell F2 dan paste ke semua baris di bawahnya.
  3. Blok semua kolom F dari atas, kemudian copy, kemudian “paste special value” di file excel baru. Kemudian save as file data siswa tersebut dengan save as type pilih CSV (comma delimited) kemudian pilih save, dan pilih OK pada dialog yang muncul berikutnya
  4. Setelah selesai langkah ini, lanjutkan import data siswa melalui web zipgrade dengan melakukan langkah B seperti yang dijelaskan di atas 
Jika berhasil maka penampakannya seperti berikut ini :

0 komentar:

Posting Komentar

TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGANNYA

SAMISANOV Menjelajah Negeri