Sabtu, 17 Maret 2018

Membuat Lembar Jawaban (Answer Sheet) Sesuai dengan Kebutuhan dalam Aplikasi ZipGrade


Bapak/Ibu guru zaman now…sekarang dengan perkembangan TIK, kita semua dipermudah dalam berbagai hal. Tidak terkecuali dalam bidang tugas Bapak/Ibu sebagai Guru.
Sebagai Agent of Changes tentunya sudah menjadi keharusan bila kita harus mengikuti perkembangan TIK, yang dapat kita manfaatkan dalam mempermudah pelaksanaan tugas kita sebagai guru. Sekarang berbagai aplikasi maupun software pembelajaran sudah banyak sekali beredar dan dengan mudah serta cuma-cuma dapat kita manfaatkan. Salah satunya adalah aplikasi pemeriksaan jawaban siswa untuk Tes Pilihan Ganda. Dahulu kala bila kita memeriksa Lembar Jawaban Siswa untuk jenis Pilihan Ganda, kita pernah menggunakan LJ yang dilubangi pada kunci jawabannya dengan menggunakan rokok atau obat nyamuk, tapi itu dulu bro…..
Kini ada aplikasi ZipGrade untuk memriksa LJ siswa tersebut khususnya untuk jenis Pilihan Ganda. Kalau untuk uraian ya….mau tidak mau kita harus baca satu persatu….he..he…
Disini akan saya berikan Tutorial membuat LJK untuk Penilaian siswa, yang nantinya dapat kita pindai dengan aplikasi ZipGrade di smartphone kita. Kita tahu LJ dalam ZipGrade secara default hanya ada 3 pilihan. Yaitu LJ dengan 20 pertanyaan, 50 pertanyaan, dan 100 pertanyaan. Secara default untuk LJ dengan 20 pertanyaan tidak ada fasilitas untuk nomor identitas/peserta. Untuk LJ yang 50 pertanyaan tersedia 5 digit nomor peserta, dan yang 100 pertanyaan tersedia 10 digit nomor peserta.
Kita tahu bahwa, biasanya untuk soal-soal PG tidak sampai 50 apalagi 100 soal untuk jenjang SMP, nah kita bisa membuat LJ dalam ZipGrade sesuai dengan kebutuhan, misalnya kita hanya ingin membutuhkan LJ dengan 40 atau 35 soal dan ingin ada identitas atau nomor siswa dengan 8 digit, untuk mengakomodir NIS yang sudah ada sehingga kita tidak harus membuat Nomor Peserta lagi dengan 5 Digit.
Berikut beberapa Contoh lembar Jawaban yang sudah saya buat..
1. 20 Pilihan Ganda





Jika Anda berminat untuk membuat Lembar Jawaban sesuai selera Anda, dengan menambahkan No Peserta ZipGrade ID, atau No sesuai keinginan Anda, bisa kunjungi ini kemudian pilih New Answer sheet dan  ikuti langkah selanjutnya...
Nah, demikianlah cara menambahkan Lembar Jawaban Sesuai Selera, semoga bermanfaat ....

Baca Juga :
CARA MENGGUNAKAN ZIPGRADE UNTUK PEMERIKSAAN LEMBAR JAWABAN
Mengoreksi Lembar Jawaban, Semudah Selfie

0 komentar:

Posting Komentar

TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGANNYA

SAMISANOV Menjelajah Negeri