Rabu, 14 Maret 2018

Mengoreksi Lembar Jawaban, Semudah Selfie

Dalam Artikel  ini saya akan mengulas secara singkat sebuah Aplikasi Smartphone Android yang disebut ZipGrade. Dengan kamera smartphone, anda dapat menggunakan aplikasi ini untuk mengoreksi Lembar Jawaban Komputer (LJK) yang sudah ada formatnya. Aplikasi ini sangat berguna buat guru yang ingin mengoreksi jawaban siswa. Tentu saja, hal ini juga dapat mengurangi kesalahan manusia (human error). Jadi cukup sediakan ZipGrade + kamera = Hasil Koreksi.  Sederhana dan mudah. Cara Menggunakan aplikasi ini ada di CARA MENGGUNAKAN ZIPGRADE UNTUK PEMERIKSAAN LEMBAR JAWABAN

Guru sering membuat tes bagi siswa dalam bentuk pilihan ganda untuk menentukan keberhasilan belajar siswa. Guru sebagai manusia, pasti juga sering keliru mengoreksi hasil tes muridnya. Jadi seringkali siswa memprotes karena nilainya kurang atau lebih. Proses koreksi yang terlalu lama juga membutuhkan konsentrasi tinggi.  Jadi yang datang ke pikiran anda mungkin “Ada tidak ya, software yang bisa mengkoreksi hasil tes siswa secara cepat dan akurat?”
Saya menemukan beberapa perangkat lunak yang keren, tetapi perangkat lunak tersebut butuh alat dengan harga Scanner yang luar biasa mahal. Kemudian pada pelatihan SAGUSAKA di Ikatan Guru Indonesia (IGI) saya diperkenalkan aplikasi ZipGrade ini. Ternyata solusinya cukup menggunakan kamera smartphone yang notabenenya guru sudah punya (alias tidak membeli lagi) untuk mengoreksi jawaban layaknya scanner mahal tersebut, dan hal yang paling penting kameranya harus bagus.



Anda dapat men-download aplikasi ini di sini (100 Lembar/bulan) atau di sini (versi pro)
ZipGrade menyediakan 3 Tipe LJK, yaitu:
1. Tipe 20 soal (tidak menggunakan nomor id peserta)
LJK 20 Soal Edit
20 Soal Asli
LJK 20 Soal Asli



2. Tipe 50 soal (membutuhkan nomor ID peserta)
50 Soal Edit
LJK 50 Soal sudah saya edit

50 Soal Asli
LJK 50 Soal Asli

3. Tipe 100 soal (membutuhkan nomor ID peserta)
100 Soal Asli
LJK 100 Soal Asli

Jenis ini dipilih sesuai dengan kondisi yang digunakan dalam sekolah. LJK seperti ini dapat didownload di halaman https://www.zipgrade.com/forms/ . Ada yang disediakan yang berbentuk file PDF. Ada juga bentuk gambar PNG.  Gambar PNG dapat di edit. Saya sendiri dapat mengedit yang 20 soal di selembar kertas muat 4 LJK. Sehingga Anda dapat menghemat kertas. 50 soal di selembar kertas muat 2 LJK dan 100 soal sudah pas satu lembar kertas dan tidak dapat diedit lagi. Silahkan mencetak file itu sendiri. Untuk memperbanyak boleh saja di fotokopi. Hal ini Lebih efisien dibandingkan dengan LJK biasa karena LJK tersebut biaya cetaknya cukup mahal. Jika Ingin membuat LJK Versi sendiri, bisa lihat Membuat Lembar Jawaban (Answer Sheet) Sesuai dengan Kebutuhan dalam Aplikasi ZipGrade

Setelah LJK siswa itu terjawab, dengan ZipGrade tinggal mengoreksi saja. Cukup arahkan kamera smartphone anda ke lembar jawaban. hasilnya nanti akan ditampilkan pada layar smartphone. Ketika selesai mengoreksi, hasil koreksi dapat diekspor ke PDF atau file CSV. Jika ingin melihat hasilnya cukup ekspor ke PDF. Tetapi jika anda  ingin melakukan analisis tes, Anda mengeksportnya ke file CSV, sehingga file tersebut dapat dibuka di aplikasi pengolah angka “Microsoft Office Excel”.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk  guru-guru yang terhormat. Terima kasih sudah meluangkan waktu sejenak untuk membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGANNYA

SAMISANOV Menjelajah Negeri