ARDI KUSNADI

Senin, 12 Maret 2018

Puluhan Guru Antusias Ikuti Diklat Office 365 IGI Kalbar

Sebanyak 48 guru peserta yang terdiri dari Guru, Kepala Sekolah serta Widya Iswara LPMP Kalbar antusias mengikuti Diklat Pemanfaatan Teknologi Office 365 dalam pembelajaran yang diselenggarakan oleh Pengurus Wilayah Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kalimantan Barat.

Peserta diklat kali ini tidak hanya berasal dari kota Pontianak namun dari berbagai daerah yang ada di Kalimantan Barat, misalnya Kecamatan Embaloh Kabupaten Kapuas Hulu, Meliau, Singkawang serta Pontianak.

Master trainer office 365 asal Kalimantan Barat, Mahrani yang sekaligus merupakan Sekretaris Wilayah IGI Provinsi kalimantan Barat menyatakan bahwa diklat pemanfaatan office 365 ini merupakan program dari pengurus wilayah (IGI) Kalbar.

"Kegiatan ini merupakan inisiasi dari pengurus wilayah IGI Kalbar, yang ingin menghadirkan sesuatu yang sangat bermanfaat, sebagaimana diketahui bersama bahwa teknologi office 365 yang dari microsoft ini sangat diperlukan bagi dunia pendidikan," ungkapnya Minggu (11/2/2018)

Pada Diklat ini, peserta pelatihan diberikan akun microsoft secara gratis, yang dapat digunakan untuk mengakses semua aplikasi yang ada pada microsoft, seperti onedrive di mana penggunanya dapat menyimpan data hingga 5TB dari beberapa laptop, smartphonenya, serta dapat mengedit nya di mana pun dan kapanpun, meskipun penggunanya tidak membawa laptop sama sekali.

Selain one drive peserta juga diajarkan bagaimana membuat presentasi menggunakan sway, membuat catatan digital menggunakan onenote bahkan kelas digital menggunakan classnote.
Kegiatan ini dilaksanakan di Aula ABF Foundation yang berada di Jl Kapten Tendean.
Pemilihan tempat kegiatan ini dikarenakan IGI Kalbar ingin mengemas Diklat dalam suasana yang nyaman bagi peserta.

"Kami ingin mengubah mindset kita selama ini bahwa diklat itu tidak harus dilaksanakan di tempat yang formal, mewah dan sebagainya. Namun perlu dikemas dalam bentuk santai namun tidak lepas dari materi serta ketentuan yang ada," ujarnya.

Mahrani menjelaskan bahwa kegiatan ini dilaksanakan dalam beberapa batch. Hal ini sesuai ketentuan yang ada di microsoft bahwa maksimal peserta diklat office 365 adalah 48 peserta. " Calon peserta yang mendaftar pada kegiatan ini lebih dari 80 peserta, namun karena maksimal akun yang dapat dibuat hanya untuk 48 peserta pada setiap Diklat, akhirnya kami harus mangagendakan batch ke 2 untuk peserta lain yang belum bisa mengikuti diklat pada kesempatan ini," ujarnya

Saat disinggung mengenai apakah ada kriteria kelulusan pada Diklat kali ini mengingat microsoft adalah perusahaan skala dunia, Mahrani mengungkapkan peserta harus lulus kursus online yang diwajibkan.

"Untuk memperoleh sertifikat lulus Diklat, peserta diwajibkan untuk menyelesaikan 6 kursus online yang telah ditentukan oleh Microsoft Indonesia. Menurut saya hal itu bukanlah hal yang terlalu sulit bagi peserta karena materi pada semua soal yang dikerjakan telah dipelajari selama dua hari diklat. Contohnya saja peserta diklat di Ketapang, Alhamdulillah seluruh peserta lulus dalam waktu kurang dari satu pekan," katanya.

Kegiatan ini merupakan bagian dari komitmen IGI Kalbar untuk memajukan kualitas pendidikan melalui peningkatan kompetensi guru.
"Masih banyak kegiatan-kegiatan peningkatan kompetensi guru lain yang diagendakan di tahun 2018 ini karena ini merupakan komitmen kami untuk dapat melatih 1 juta guru di Indonesia di tahun 2018 ini," pungkasnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGANNYA

SAMISANOV Menjelajah Negeri